Kampung Waroser

Distrik Oransbari

Kabupaten Manokwari Selatan

Papua Barat

Ketahanan Keluarga Berbasis Kelompok Kegiatan Tribina di Kampung Waroser

Updated on January 23, 2019

 

   Dinas Sosial, Dinas Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana Kabupaten Manokwari Selatan menggelar kegiatan ketahanan keluarga berbasis kelompok kegiatan Tribina, dilaksanakan di Kantor Kampung Waroser, Rabu (16/01/2019).




   Bapak Oktovianus Hemar  membuka kegiatan dan mengatakan untuk memantapkan program ketahanan dan kesejahteraan keluarga, diperlukan peranan dari berbagai aspek didalamnya peran dari program Tribina yakni bina keluarga balita, bina keluarga remaja serta bina keluarga lansia.


"Menjadi harapan melalui kegiatan ini setiap kelompok Tribina akan memperoleh sekaligus dapat memantapkan setiap program dalam rangka mewujudkan masyarakat didalamnya keluarga yang sejahtera" ucap Bapak Oktovianus Hemar



   Disamping itu pula Ibu Ida sebagai salah satu narasumber turut menyampaikan materi tentang pentingnya pendidikan anak usia dini bahkan dihadapan para peserta yang rata-rata ibu rumah tangga, mengharapkan peran penting ibu dalam keluarga yang adalah juga orang tua, dalam memberi stimulasi calon bayi di dalam kandungan ibu, Di Masa Tumbuh Anak (Golden Age) adalah usia anak-anak pada masa-masa awal hidupnya didunia yakni antara 0 – 5 Tahun. Usia dalam perkembangan terbaik untuk fisik dan otak anak. Dan ini merupakan perhatian bagi tiap-tiap orang tua dalam membentuk karakter anak, memberi rasa kasih sayang, melindungi anak, membimbing anak dalam hal komunikasi yang baik, dan menemukan jati diri anak sehingga anak menjadi anak yang kreatif.


   Ibu Ida menjelaskan Tribina merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dan anggota keluarga lainnya dalam membina tumbuh kembang anak baik secara fisik, motorik, kecerdasan dan emosional dengan sebaik-baiknya kepada balita dan anak remaja. Pendidikan anak terbagi menjadi 3 Macam yang pertama yaitu pendidikan formal, jalur pendidikan kedua adalah pendidikan nonformal, dan jalur pendidikan ketiga ialah pendidikan informal.


PENDIDIKAN FORMAL adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi, Pendidikan Formal dari usia 6 Tahun.


PENDIDIKAN NONFORMAL adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Sedangkan,


PENDIDIKAN INFORMAL adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan, pendidikan informal dari usia 0 Bulan - 2 Tahun 11 Bulan.



   "Disamping itu Tribina juga berguna untuk meningkatkan kesejahteraan lansia melalui kepedulian dan peran keluarga dalam mewujudkan masa lanjut usia yang produktif, mandiri dan bermanfaat bagi keluarga dan lingkungan masyarakat".


Hadir sebagai peserta yaitu Masyarakat Kampung Waroser, kader-kader kesehatan posyandu (balita) dan posbindu (lansia), kelompok-kelompok bina keluarga balita, bina remaja serta kelompok bina lansia.


...


komentar:

Login Khusus Operator Kampung Waroser

-Sistem Administrasi Informasi Kampung Waroser-

kampungwaroser@gmail.com